Rabu, Mei 22, 2013

Q1 2013, Lebih Dari 75 Juta Smartphone Terjual Di China

Q1 2013, Lebih Dari 75 Juta Smartphone Terjual Di China
75 Juta Smartphone Terjual Di China
Liputan6.com, China : Memasuki kurun waktu lima tahun terakhir, pasar smartphone global memperlihatkan pertumbuhan yang sangat pesat. Asia merupakan salah satu wilayah pangsa pasar yang paling aktif dibanding wilayah lain.

Menurut laporan yang dilansir laman Digitimes, Rabu (22/5/2013), selama triwulan pertama (Q1) tahun 2013 ini tercatat ada 90,54 juta ponsel yang terjual di China. Dari jumlah tersebut, sekitar 75,28 juta di antaranya merupakan kategori smartphone. Angka penjualan ponsel pintar tersebut meningkat 32,2 persen dibanding kuartal keempat tahun 2012 lalu.

Vendor asal Korea Selatan, Samsung menjadi brand terlaris dengan menguasai 17,3 persen pangsa pasar smartphone di China. Posisi selanjutnya berturut-turut ditempati oleh empat perusahaan domestik yaitu Lenovo di posisi kedua dengan pangsa pasar 13,1 persen, Coolpad (10,3 persen), Huawei (10,1 persen), dan ZTE (6,9 persen).

Sementara brand populer Apple hanya mampu menempati posisi keenam dengan raihan pangsa pasar sebesar 6,4 persen. Data ini jelas tidak sesuai dengan cita-cita CEO Apple, Tim Cook yang pada awal tahun 2013 lalu mengatakan akan menjadikan China sebagai salah satu pangsa pasar terbesar mereka.

Salah satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan asal Cupertino, California tersebut untuk mendongkrak penjualannya di negeri Tirai Bambu adalah dengan menjalin kerjasama dengan China Mobile selaku penguasa bisnis komunikasi di China. Selain itu, di awal tahun ini pun Apple telah menambah jumlah toko retail Apple Store di China, dari semula 11 unit menjadi 25 unit.

China Mobile sendiri adalah salah satu perusahaan penyedia jaringan komunikasi dengan jumlah pelanggan terbesar di dunia. Terhitung, hingga saat ini terdapat 700 juta pelanggan yang menggunakan layanan dari provider seluler ini. (dhi/dew/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar